Tempat wisata menarik di Bandung Maribaya telah bertahun tahun lamanya menjadi tujuan wisata domestik dan mancanegara

Selasa, 12 Agustus 2014

Curug Omas

curug omas
Curug Omas
Curug Omas ada didalam Taman Rimba Raya (Tahura) Ir. H. Juanda di tempat wisata Maribaya Bandung. Curug ini mempunyai ketinggian terjunan air seputar 30 mtr. dengan kedalaman 10 m yang ada di aliran sungai Cikawari. Diatas air terjun ini ada jembatan yang bisa dipakai untuk melintas serta lihat air terjun dari posisi atas. Dari atas jembatan ini bakal tampak bentangan basic sungai yang disebut pertemuan dua aliran sungai Cikawari serta Cigulun yang nanti jadi daerah Aliran Sungai (DAS) Cikapundung Hulu. Aliran ini mengalir serta berbelok membelah lokasi Tahura itu. Tak hanya Curug Omas di aliran sungai ini ada juga Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Dago serta Curug Cikawari yang semasing berketinggian seputar 15 m, 16 m serta 14 m. Ketiga curug ini di kenal dengan sebutan Curug Maribaya Bandung.
curug omas
Curug Omas

Di lokasi ini dapat ada curug lain yakni Curug Lalay yang tempatnya tidak jauh dari Curug Omas.

Lokasi 
Terdapat di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.
Peta serta Koordinat GPS : 6° 49' 51. 64 " S 107° 39' 18. 45 " E

Aksesbilitas 
Berjarak seputar 21 km dari Bandung ke samping timur Lembang atau mungkin seputar 7 km dari Lembang tersebut. Untuk meraih tempatnya cukup gampang. Ada empat pintu masuk ke curug ini, yakni Pintu (pos) masuk I serta II di Dago Pakar ditempuh dari arah terminal Dago. Pintu masuk III di Kolam Ahli ditempuh dari arah PLTA Bengkok atau mungkin dari Curug Dago. Sedang pintu masuk IV ada di Maribaya ditempuh dari arah Lembang. Biasanya Pintu masuk paling dekat menuju Curug Omas ini yaitu lewat Pintu IV Tahura yang juga dekat dengan tempat wisata pemandian air panas Maribaya.

Ke empat akses pintu masuk ini dapat ditempuh oleh seluruhnya type kendaraan dengan keadaan jalan telah beraspal hotmix serta dalam keadaan baik.

curug omas
Curug Omas
Sayangnya di Curug Omas dekat wisata Maribaya Bandung ini pengunjung tidak bisa mendekat dengan cara segera manfaat nikmati kesegarannya. Di sekelilingnya ada pagar besi yang menutupi serta melindunginya. Hal semacam ini karena cukup beresiko untuk mendekat, di mana basic curug ini ada dibawah jembatan dengan adanya banyak batu serta air yang keliatan dalam. Seandainya mau lihat curug dengan posisi lebih bawah, pengunjung bisa menuruni tanggga-tangga berbbatu yang ada di samping kanan jembatan. Setelah tiba diakhir tangga, pada samping kanan ada jembatan, di sini pengunujung bisa lihat curug lebih dekat.

Sarana serta Akomodasi 
Sarana yang ada di lokasi ini sangatlah memprihatinkan. Disana-sini sarana umum dilewatkan rusak serta tidak terurus. Tak ada perbaikan, terlebih ditukar dengan yang baru. Umpamanya shelter untuk beristirahat, dilewatkan rusak. Demikian juga jalur pejalan kaki, kondisinya telah compang-camping serta berlumut. Tidak cuma itu, jembatan penyeberangan serta pagar pengaman juga dilewatkan apa yang ada, rusak serta lepas hingga dapat membahayakan keselamatan beberapa pengunjung. Keadaan panggung senang terlebih. Awalannya panggung ini di buat untuk menyemarakkan tempat wisata Maribaya dengan beragam acara kesenian, tetapi saat ini tak akan. Kondisinya yg tidak tertangani bikin orang malas memakai panggung ini.

Keadaan memprihatinkan juga terlihat di sekitar lingkungan air terjun yang dipenuhi tumpukan sampah serta limbah yang datang dari aliran Sungai Cikapundung.

Tiket serta Parkir 
Tiket masuk yaitu Rp 8. 000/orang, sedang untuk wisatawan asing Rp 35. 000/orang. Ticket parkir kendaraan yaitu Rp 10000/kendaraan roda empat serta Rp 5000 untuk klendaraan roda dua.

Untuk menikmati tempat wisata Curug Omas seperti di atas, kami sediakan service transportasi atau anda dapat menghubungi kami di alamat :

PT. TJP Seratour

Jl. Juanda 477
Bandung 40135
Office : 022-2535898
Irma : 0817613152/081221270000
BBM invite by E-mail : irma.rahmawati.wiyono@gmail.com
Jhon Wiyono : 0818220650/085722203000
BBM invite by E-mail : jhonwieyono@gmail.com
www.seratour.com www.buswisatabandung.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Curug Omas

0 komentar:

Posting Komentar